Protection Plan setelah Diagnosa Penyakit Kritis
Insurance

3 Prioritas Sebagai Protection Plan Setelah Terdiagnosa “Critical Illness”

Kebanyakan orang ketika mendapatkan ‘vonis’  dokter sebagai penderita salah satu dari penyakit kritis dengan serta merta ‘hopeless’ untuk bisa melanjutkan hidupnya.  Tidak terkecuali saya.

Mengetahui bahwa tidak banyak waktu yang yang dimiliki karena resiko medis dari penyakit kritis yang diderita tidaklah mudah.  Belum lagi ketika dihadapkan pada kondisi keuangan yang semakin menipis, bahkan ada yang sampai harus berhutang karena digerogoti biaya ‘kesehatan’ yang tentunya tidak murah.  Ditambah lagi daya tahan tubuh tidak bisa disamakan dengan orang normal yang lain dikarenakan banyaknya obat-obatan yang sudah dikonsumsi.

Akan tetapi, hidup harus terus berjalan, dan pengobatan harus tetap dilanjutkan.  Ada 3 hal yang seharusnya menjadi prioritas sebagai ‘protection plan’ setelah terdiagnosa penyakit kritis, yaitu:




1.Diri Sendiri

Makanan sehat dan bernutrisi tinggi mempercepat recovery
Foto : Pixels.com

Cintailah diri anda sendiri, badan anda, hidup anda dengan segala kelebihan dan tentunya terima pula kelemahannya.  Beri tubuh anda istirahat yang cukup, makanan sehat dengan nutrisi yang bagus untuk mempercepat recovery dari penyakit. Lakukan hal-hal yang menyenangkan dalam hidupnya anda, bisa juga mengunjungi tempat-tempat yang bisa mendatangkan kebahagiaan buat anda.  Ada baiknya sisihkan Dana untuk Liburan.




2. Keluarga

Manfaatkan waktu berkumpul dengan keluarga
Foto : Pixels.com

Manfaatkan lebih banyak waktu bersama dengan keluarga anda, pasangan,  anak-anak, orang tua anda jika masih ada.  Ciptakan momen-momen yang berkualitas dengan keluarga anda, anda bisa mendapatkan support dari keluarga anda untuk bisa lebih kuat dalam menjalani pengobatan selanjutnya.

Bicarakan dengan pasangan anda untuk kembali mengisi tabungan keluarga yang semula habis karena biaya pengobatan anda, diskusikan dengan anggota keluarga terutama pasangan untuk mengorbankan beberapa pengeluaran yang dirasa tidak terlalu penting, sebab kelanjutan pengobatan anda menjadi prioritas anda saat ini.

3. Perencanaan Keuangan

Memasukkan Asuransi dalam perencanaan Keuangan Keluarga
Foto : Pixels.com

Review kembali perencanaan keuangan keluarga anda.  Jika memungkinkan untuk menambah pos yang namanya “ASURANSI” ada baiknya jika benar-benar dipersiapkan.  Jaminan ketersediaan  dana pendidikan buat anak-anak, asuransi kesehatan buat seluruh anggota keluarga, asuransi jiwa yang bisa memastikan setelah anda tiada anggota keluarga  anda tetap bisa melanjutkan hidup mereka dengan tidak menurunkan standart ekonomi keluarga layaknya ketika anda masih ada bersama mereka.




Dengan 3 hal yang menjadi prioritas utama ‘protection plan‘ setelah diagnosa yang menyatakan anda menderita penyakit kritis, diharapkan anda bisa lebih siap untuk melanjutkan hidup, lebih fokus berjuang untuk bisa sembuh dari penyakit.  Sebab 60% dari obat yang bisa menyembuhkan kita dari penyakit adalah keyakinan kita sendiri, sisanya adalah faktor medis dan obat-obatan.

Tidak kalah pentingnya adalah ikhlas, tetap bersyukur atas semua kondisi yang menjadi ketetapanNya atas diri kita, dan tetap semangat menjalani hidup.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *