Penting menyiapkan pensiun sejak dini
Financial Planning

Penting!, untuk Menyiapkan Masa Pensiun Sejak Dini

Idealnya masa  pensiun adalah masa dimana kita bisa menikmati semua hasil jerih payahnya kita selama kita bekerja, anak-anak sudah dewasa dan sudah mapan, sudah memiliki aset, sudah ada bekal financial yang cukup untuk menikmati masa pensiun.   Akan tetapi tidak semua orang memiliki perencanaan yang baik untuk mempersiapkan masa pensiunnya.

Ketika ketidaksiapan menghadapi masa pensiun ada pada diri seseorang maka akan timbul berbagai masalah dalam hidupnya.  Akan ada 2 (dua) permasalahan besar yang umumnya dihadapi ketika memasuki masa pensiun, yang antara lain :




Masalah Psikologis

Cemas menghadapi masa oensiun
Foto : Pinterest.com

Berbagai masalah psikologis akan muncul seiring datangnya masa pensiun seperti:

1. Cemas Menghadapi Hari Esok

Kecemasan datangnya masa pensiun lebih dikarenakan perasaan khawatir hidupnya akan kacau-balau dikarenakan sudah tidak memiliki penghasilan seperti pada masa-masa produktif dulu.  Sementara kebutuhan hidup berjalan terus, dan belum berakhir.

2. Post-Power Syndrome

Menurut dr. Lestari Rahmah, MKT, beliau menulis di laman Kompasiana.com, bahwa post power syndrome biasanya terjadi pada orang yang tidak bisa menerima kondisi hidupnya, yang semula merasa hebat, punya jabatan, dihormati anak buah, tiba-tiba saja kehilangan, semuanya sehingga menimbulkan perasaan tidak nyaman dalam diri orang tersebut.

3. Bosan

Merasa bosan karena tidak memiliki kegiatan seperti pada saat masih bekerja dan hanya dirumah saja, merasa jadi pengangguran yang tidak berguna.

4. Kehilangan Jati Diri

Merasa tidak dihargai lagi atau tidak dianggap keberadaannya oleh orang lain di sekitarnya, apalagi jika semua anak-anaknya sudah memiliki kehidupan serta kesibukan masing-masing dan tinggal terpisah.




Masalah Financial

menyiapkan pensiun sejak dini
Foto : Pinterst.com

Masalah financialpun akan muncul seperti:

1. Pemasukan Tidak Sebesar Sebelumnya

Pada masa pensiun sudah bisa diprediksi jika kita tidak punya pemasukan yang besar seperti pada saat kita masih bekerja seperti pada usia produktif, dan hanya akan mengandalkan uang pensiun dari perusahaan dimana kita bekerja.

Beda cerita jika kita memiliki sumber pendapatan yang lain yang tidak terpengaruh dengan  usia pensiun.  Akan tetapi tidak banyak orang yang ada diposisi tersebut.

2. Pengeluaran Sama seperti Pada Saat Masih Bekerja

Meskipun sudah ada pada usia pensiun, hal tersebut tidak berbanding lurus dengan biaya hidup.  Biaya hidup tetap harus dikeluarkan yang besarannya bisa jadi sama dengan ketika kita masih bekerja atau bahkan lebih besar.  Biasanya biaya paling besar ada pada perawatan kesehatan dan biaya medicall ceck up.

Menurut Kompas.com, ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi 2 (dua) permasalahan besar tersebut.

Cara Mengatasi Masalah Psikologis

menyiapkan masa pensiun sejak dini
Foto : Pixel.com
  • Aktif Bergerak dengan Olah Raga atau Mengerjakan Pekerjaan Rumah, sebab dengan tetap aktif bergerak seperti olah raga, berkebun, mengerjakan pekerjaan rumah, maka kesehatan jiwa dan raga pun akan tetap terjaga.
  • Mencoba Hobi atau Hal Baru,  yang mungkin selama anda bekerja belum pernah dilakukan karena kesibukan dan keterbatasan waktu yang dimiliki selama masih produktif, nah di usia pensiun dimana anda sudah memiliki keleluasaan waktu, boleh dicoba tuh .
  • Bersosialisasi dengan Teman atau Saudara, sebab dengan bersilaturahim bisa memperpanjang usia dan rejeki pula. 

Melakukan Kegiatan Sosial di lingkungan rumah, misal dengan mengunjungi panti asuhan, panti jompo, atau tempat-tempat yang lain sehingga anda bisa lebih merasa bahwa kehadiran anda masih dibutuhkan oleh orang lain yang kurang beruntung.

 

Cara Mengatasi Masalah Finansial

penting menyiapkan pensiun sejak dini
Foto : Pixel.com





Adapun cara yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah financial adalah dengan cara:

  • Menyesuaikan pengeluaran dengan kondisi pendapatan pada saat pensiun
  • Menyiapkan Dana Pensiun sedini Mungkin secara Mandiri, meskipun sudah ada program pensiun dari kantor dimana kita bekerja, sebagai antisipasi ketersediaan dana pensiun yang cukup dikemudian hari.

Saya berharap paparan mengenai pentingnya mempersiapkan pensiun sejak dini terbebani bisa mengantisipasi masalah-masalah yang akan dialami pada saat pensiun.  Sangatlah penting mempersiapkan dana pensiun sejak dini. jika tidak ingin gaya hidup nya menurun ketika masa pensiun itu tiba.

Pilihan ada di tangan anda, mau menjalani masa pensiun seperti apa.

“Pensiun dengan nikmat ataukah pensiun dari kenikmatan”

You may also like...

6 Comments

  1. Siip! Pas banget nih tipnya buat aku n suami. Memasuki masa2 pensoun

    1. Semoga bermanfaat Ya Mba

  2. Suka sekali aku dengan kata-kata ini, “Pensiun dengan nikmat ataukah pensiun dari kenikmatan”. Dengan membaca tulisan ini, menyadarkan aku, Mbak, pentingnya persiapan sejak dini untuk hadapi masa sudah pensiun nantinya.

    1. Iya Mba,..
      Menghitung future value nya kita,shg bisa mempertimbangkan instrument apa yg tepat utk persiapan pensiun.

  3. Dzawin nuha says:

    Mak jleb…saya kadang suka mikir tentang ini mbk,masa pensiun nanti gmn?
    Alhamdulilah…mulai merintis menyiapkan masa pensiun sejak saat ini,sekarang,hari ini

    1. Wah keren bgt,
      Menyiapkan pensiun sejak dini secara mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *