Kegagalan mencapai target mengakibatkan stress
Marketing

7 Hal yang Bisa Bantu Kamu untuk “move on” dari Kegagalan

Gagal mencapai Target?

Kegagalan dalam mencapai target bisa jadi momok yang menakutkan bagi seorang sales.  Karena  performa sales salah satunya dinilai dari berhasil atau tidaknya dia memenuhi target yang diberikan oleh perusahaan dimana dia bekerja.

Perasaan putus asa, kecewa, stress, depresi dikarenakan  embel-embel yang mengikuti kegagalan itu sendiri banyak sekali, bisa berupa bonus yang tidak sesuai dengan yang diharapkan bahkan yang paling tidak enak adalah ketika seorang sales sampai medapatkan surat peringatan dari atasan.

Ya,…Sangat manusiawi sekali.   Akan tetapi kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut ,  ingat kata pepatah “kegagalan bisa jadi merupakan kesuksesan yang tertunda“.

Berikut 7 hal yang bisa kamu lakukan untuk membantu “move on” dari kegagalan :




1. Cari kesibukan baru diluar rutinitas sebagai sales

Sejenak lupakan kegagalan itu sendiri, cari hal-hal baru yang selama ini tidak kamu kuasai.  Melakukan kegiatan yang sifatnya rutin bisa jadi membuat perasaan jenuh, oleh karenanya tidak ada salahnya dengan mencoba hal-hal baru diluar rutinitas pekerjaan bisa membangun “mood” nya kamu.

Mencoba hal baru
Foto : Pixel.com

2. Melakukan Kegiatan Fisik untuk mengurangi stress

Terlibat dalam kegiatan fisik, seperti pergi ke tempat-tempat olah raga yang belum pernah kamu kunjungi selama ini, selain membuat badan kamu lebih sehat kamu juga  bisa ketemu dengan orang-orang yang baru.  Atau sekedar menonton film komedi yang bisa membuat kamu tertawa ngakak yang dirasa bisa membantu fikiran menjadi lebih fresh.





Olah raga bisa membuat badan sehat dan bisa menurunkan stress
Foto : Pixels.com

3. Melepaskan perasaan-perasaan Negatif yang muncul dari kegagalan

Bagi kamu yang aktif di medsos, sah-sah saja untuk mengekspresikan perasaan dengan menulis status di medsos, tidak dengan status yang alay, gabut, baper, melainkan hanya untuk sekedar melepaskan perasaan-perasaan negatif tersebut.  Hal ini akan menjadi pengingat bahwa kamu pernah gagal, dan kamu bisa kembali bangkit untuk meraih impianmu kembali.

Update status di medsos hanya sekedar menghilangkan aura negative
Foto : Pixels.com

4. Change Your Mindset

Tanamkan dalam pikiran kamu bahwa kegagalan bukanlah suatu kesalahan akan tetapi ambil hikmah dari kegagalan itu menjadi sebuah pembelajaran. Cari akar masalah apa yang menjadi penyebab dari kegagalan itu dan temukan solusinya.

Change your mindset
Foto : Pixels.com

5. Buat “to do LIST”

Buatlah daftar pencapaian kamu bahkan sampai hal-hal terkecil sekalipun dan tambahkan setiap harinya, ini sangat membantu melepaskan ketidakpuasan kamu atas kegagalan itu, dan memberikan sedikit ruang dalam diri kamu untuk merasakan kebahagiaan atas pencapaian tersebut.




Buat Daftar Pencapaian, untuk memberi ruang baru atas pencapaianmu
Foto pixels.com

6. Visualisasikan Mimpimu

Tulis dalam “Dream Book” semua harapan, mimpi-mimpi kamu kemudian visualisasikan apa yang kamu tulis tersebut setiap hari, terutama sebelum istirahat di malam hari dan sebelum memulai aktifitas dipagi hari.  Niscaya setiap kamu akan melakukan pekerjaan akan tergambar jelas mimpi-mimpi yang harus kamu capai dan bagaimana mencapainya.

Visualisasikan dreamnya kamu yang sudah kamu tuangkan dalam dream book
Foto : Pixels.com

7. Mulai Lakukan Aksi Positif

Jadikan ketidakpuasan karena kegagalanmu, menjadi suatu aksi positif untuk menemukan peluang-peluang baru.  Hubungi kembali customernya kamu  setelah  mengetahui akar dari kegagalanmu, mengevaluasinya, menemukan solusi atas keberatannya.

cold calling sebagai aksi positif
Foto : Pinterest.com

Nah masih manyun gara-gara kegagalanmu?

Bangkitlah dari rasa putus asa dan mulailah hari kamu dengan perasaan gembira dan penuh semangat.  Semoga paparan mengenai 7 hal yang bisa membantumu ‘move on’ dari kegagalan membuatmu bisa meraih “keberhasilan”.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *