Merencanakan Dana Pendidikan Anak
Financial Planning

Merencanakan Dana Pendidikan, jangan Lupakan 4 Hal Mendasar ini!

Merencanakan Dana Pendidikan buat buah hati anda menjadi salah satu prioritas dalam perencanaan keuangan keluarga.  Sebagai orang tua “wajib” hukumnya memastikan ketersediaan dana pendidikan bagi anak-anaknya, disamping pemenuhan kebutuhan-kebutuhan dasar yang lain.

Karena predikat kita sebagai orang tua bagi anak-anak maka, saya, anda, dan semua orang tua diluar sana akan berusaha sebaik mungkin mempersiapkan masa depan anak kita, mengingat anak sebagai aset masa depan bagi anda dan keluarga.

Dalam rangka merencanakan dana pendidikan, ada 4 hal yang sangat mendasar dan harus diperhatikan.  Apa sajakah itu?

Yuk simak ulasan berikut ini :




1. Persiapkan dana Pendidikan Sedini Mungkin

persiapan dana pendidikan sejak dini
Foto : Pinterest.com

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016, kenaikan biaya pendidikan di Indonesia rata-rata berkisar di angka 10-15% setiap tahunnya. Artinya jika tahun ini biaya masuk universitas 100 juta, maka 1 (satu) tahun yang akan datang biaya tersebut akan menjadi sekitar 125 juta, karena inflasi.

Kita bisa berhitung  jika anak anda saat ini berusia 10 tahun, dan anda baru akan menyiapkan dana untuk keperluan masuk universitas  (usia anak  18 tahun), maka anda punya waktu sekitar 8 tahun untuk mempersiapkan dananya dari sekarang.

Akan berbeda jika anda sudah mulai merencanakan dana pendidikan di usia anak yang masih 5 tahun, anda memiliki waktu 13 tahun, untuk mempersiapkan dana pendidikannya.

Sehingga dengan merencanakan ketersediaan dana pendidikan anak sejak dini  kita memiliki kesempatan/waktu yang lebih lama.  Semakin lama waktu yang kita miliki maka dana yang akan dialokasikan untuk persiapan biaya pendidikan anak, akan lebih kecil setiap bulannya.




2. Libatkan Anak dalam Merencanakan Pendidikan Sesuai Minatnya

Libatkan anak dalam merencanakan pendidikan
Foto : Pinterest.com

Alangkah baiknya jika anda melibatkan anak dalam merencanakan pendidikannya, dengan demikian sudah barang tentu sekolah/universitas yang dipilih sesuai dengan bakat dan minatnya.  Dengan begitu diharapkan  anak-anak tidak akan merasa terbebani dengan pilihan tersebut, dan pastinya mereka  akan lebih bisa bertanggung jawab untuk menyelesaikan ‘study‘ nya dengan baik tanpa merasa ada paksaan orang tuanya.

Setelah mengetahui pilihan sekolah yang sesuai dengan minat dari si anak, kita bisa memperhitungkan berapa biaya yang diperlukan untuk kebutuhan dana pendidikan sampai  lulus.

3. Membuat Target Dana dan Konsisten Menyisihkan Dana

Perencanaan Dana Pendidikan Anak
Foto : Pinterest.com

Setelah mengetahui Universitas apa yang akan dituju, jurusan apa, dan berapa lama kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan ‘study’nya, mulailah menetapkan ‘target dana’.

Berapa nominal yang harus kita siapkan, berapa jangka waktu yang kita miliki, maka akan ketemu angka berapa yang harus kita sisihkan.  Dan satu hal lagi, supaya bisa tercapai target dana yang sudah ditetapkan, kuncinya adalah konsisten dalam menyisihkan dana  setiap bulannya.

4. Pilih Instrumen Investasi yang Berbanding Lurus dengan Inflasi

Pilihan investasi pendidikan buat si buah hati
Foto : Pinterst.com

Pemilihan jenis instrumen investasi pendidikan juga harus diperhatikan demi tercapainya target dana yang ditetapkan.  Sebaiknya pilihlah jenis investasi yang berbanding lurus dengan lajunya tingkat inflasi.

Bisa dijadikan referensi untuk memilih jenis investasi seperti Reksadana ataupun unitlink produk, yang memberikan ‘growth‘ yang lebih tinggi dari hanya sekedar menabung biasa maupun deposito, dengan tetap harus memperhitungkan resikonya.  Ingat Rumusnya, “high risk high return dan low risk low return”

Nah,….

Mulailah merencanakan dana pendidikan buat putra-putri anda sekarang juga, sebab perlu anda tahu,

penundaan anda hari ini harus anda bayar dengan  angka yang lebih mahal.




You may also like...

2 Comments

  1. Awesome post! Keep up the great work! 🙂

    1. thank you so much

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *