penurunan harga unit link
Financial Planning

3 Kiat Jitu Berinvestasi Unitlink Dalam Kondisi Pandemi Global Covid-19

Virus yang dinamakan Covid-19 tersebut awalnya berasal dari Provinsi Wuhan, China, yang kemudian dengan sangat cepat menyebar ke berbagai belahan dunia. Virus ini sudah menginfeksi ribuan orang di berbagai penjuru dunia, dan tragisnya lagi lebih dari 2.000 orang, meninggal karenanya. Warga dunia khawatir dan takut terkena wabah ini.  Epidemi virus corona masih terus akan menjadi momok selagi belum ada obat penawarnya.

Virus ini bahkan disebut-sebut sebagai ancaman baru yang akan memukul perekonomian global.  Pertumbuhan ekonomi diperkirakan bakal terganggu 3-6 bulan ke depan akibat virus yang ditetapkan WHO sebagai darurat global kesehatan dunia ini. Termasuk juga di Indonesia, di mana setiap berita dan data ekonomi yang dirilis akan mengakibatkan volatilitas pasar yang cukup signifikan.

Bagaimana dengan investasi Unitlink sehubungan dengan kondisi tersebut?Investasi Unitlink cenderung mengikuti perkembangan pasar, dengan karakter tiap fund yang berbeda-beda, demikian juga dengan naik-turunnya harga unit masing-masing fund.  Hingga pertengahan Maret 2020 unit link obligasi, campuran, dan unitlink saham mengalami penurunan dibandingkan posisi awal tahun, dan yang paling signifikan mengalami penurunan  adalah unitlink saham.




penurunan harga unit link
Foto : pinterest.com

Apa yang harus kita lakukan dalam kondisi seperti ini?  Apakah perlu kita menarik seluruh dana yang sudah kita investasikan di unitlink ?  Pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul kepermukaan terdorong kepanikan-kepanikan melihat kondisi semakin menurunnya harga unit dari hari ke hari.

Seharusnya kita tidak perlu panik, jika kita mengetahui seluk beluk dari pada unit link itu sendiri.  Berikut aka saya bocorin kiat-kiat berinvestasi dalam unitlink yang bisa kita terapkan saat kondisi pandemi global covid-19

1.Bersikap Tenang dan Tetap Disiplin Menabung adalah Kunci Mendapatkan Hasil Optimal

Perlu kiranya kita ketahui bahwa unitlink adalah suatu produkdari perusahaan asuransi yang didalamnya terdiri dari reksadana dan dikombinasi dengan asuransi.  Hasil investasi dari unitlink dipengaruhi bukan hanya dari pertumbuhan nilai unitnya saja melainkan juga dari biaya asuransi yang ada di dalam produk tersebut.  Semakin banyak asuransi yang ada didalam polis unitlink akan semakin banyak biaya yang dibebankan dari nilai akun pada polis tersebut. Idealnya untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal sebaiknya dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan dalam jangka waktu yang panjang.




2.Swithcing ke Pilihan Fund yang Lebih Konservatif

Pengalihan investasi ke pilihan fund yang lebih konservatif atau yang lebih dikenal dengan istilah swithcing bisa dijadikan pertimbangan jika dirasa perlu untuk mengurangi dampak semakin menurunnya harga unit.  Akan tetapi perlu dipertimbangkanjuga jika nantinya ketika kondisi pasar sudah semakin membaik penempatan dana pada pilihan fund yang lebih konservatif tentunya akan memberikan imbal hasil yang lebih rendah.

Jadi memang serbaiknya pemilihan fund pada polis unitlink disesuaikan dengan profil kita masing-masing.

3.Top Up untuk Mengantisipasi Tercukupinya cost of insurance

Melakukan Top-up investasi sangat disarankan ketika harga unit sedang turun, sebab dikhawatirkan biaya asuransi tidak tercukupi dengan nilai akun yang sudah terbentuk dalam polis unitlink.  Hal ini untuk mengantisipasi supaya polis tetap aktif dan kita tetap bisa mendapatkan benefit dari asuransi yang kita miliki.  Selain untuk menjaga kecukupan biayanya, dengan melakukan top-up kita akan bisa mendapatkan unit dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga pada saat kondisi pasar sedang stabil seperti sebelumnya, jadi bisa dikatakan bahwa ini peluang buat kita yang ingin mendapatkan hasil investasi yang optimal.

 


Dalam pandemi global covid-19 kita tidak perlu panik yang teramat sangat, tetap tenang dalam menyikapi kondisi ini, tidak perlu gegabah juga dengan serta merta membatalkan polis dan menarik semua investasi unitlink kita, sebab perlu diingat didalam polis tersebut ada benefit insurance yang justru lukan mengingat  resiko bisa terjadi kepada siapa saja terkait penyebaran virus covid-19 sangat cepat.

Perlu diingat,

Polis asuransi memberi manfaat pasti dan bukan hanya janji

 

You may also like...

2 Comments

  1. Segalanya serba lesu ya mbak karena adanya pandemi ini.

    1. admin says:

      Iya bener Mba,..
      Pandemi corona sdh melemahkan semua sektor, dan bukan ahanya di Indonesia. Hampir seluruh dunia merasakan imbasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *