Outfit kece buat Marketing
Lifestyle

3 Cara Cerdik Memilih Outfit yang Membuat First Impression Kamu Makin, OK

Memilih profesi sebagai marketing menuntut saya untuk senantiasa berpenampilan modis dan menarik.  Selama melakoni pekerjaan ini hampir 20 tahun, saya bertemu berbagai macam orang dari beragam kalangan.  Karakter masing-masing orang yang saya temuipun berbeda yang saya  Hal tersebut membuat saya harus pandai-pandai memilih busana yang bisa membuat first impression dengan klien menjadi berkesan.




Dalam seminar public speaking yang pernah saya ikuti dengan  Becky Tumewu, dari Talk Inc, sebagai pematerinya, beliau berpendapat bahwa “pemilihan busana yang tepat, menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan  seorang marketing dalam menjual produknya,  meskipun product knowledge mangambil persentase terbesar dalam keberhasilan itu”.

Tidak bisa dipungkiri, first impression menjadi salah satu faktor penentu ada atau tidaknya peluang  mendapatkan ‘deal’ dari calon klien.  Dan bagaimana  cara kita berbusana menjadi salah satu poin penting, yang harus diperhatikan, jika kita tidak ingin gagal mendapatkan janji temu berikutnya

Bisa tampil modis dan menarik, tidak harus dengan merogoh kocek yang dalam untuk membeli baju-baju bermerek yang mahal harganya, yang terpenting adalah pandai memilih busana yang akan kita kenakan, pandai memadu-padankan busana yang cocok dengan bentuk badannya kita, sehingga kita bisa tampil dengan baik.

Berikut 3 cara cerdik memilih outfit yang bisa bikin first impression makin OK,




1. Pilihlah Model Busana Yang Cocok dengan Bentuk Tubuh

outfit yang cocok untuk marketing
foto : pinterest.com

Bersyukurlah bagi orang diberi anugerah bentuk badan yang proporsional bak seorang model, sebab tidak sulit untuk memilih baju yang akan dikenakan.  Akan tetapi tidak banyak  orang yang seberuntung itu.   Pakaian yang kita kenakan diharapkan mampu  menutupi kekurangan yang dimiliki.  Sesuaikan dengan bentuk tubuh kita masing-masing.  Jangan karena mengikuti trend yang ada, kita memaksakan diri untuk mengenakannya, padahal belum tentu cocok buat kita.

Hindari untuk memakai baju dengan model yang terlalu ketat yang memperlihatkan bentuk tubuh kita, sebab bisa jadi kita sendiri akan merasa tidak nyaman mengenakannya, dan juga karena seorang marketing harus bisa terlihat energik dan cekatan, sudah pasti akan mengganggu jika pakaian yang dikenakan terlalu ketat.




2. Pemilihan Bahan dan Warna yang Tepat.

Pemilihan bahan yang tepat untuk outfit keren marketing
Foto : Pinterest.com

Pemilihan bahan yang tepat untuk outfit juga penting untuk diperhatikan. Jika kita berada di daerah dengan suhu yang panas, tentunya juga kurang tepat jika kita memakai baju dengan bahan yang tebal, sebab kita akan jadi lebih cepat berkeringat.  Bahan katun akan lebih cocok untuk bahan  kemeja, atau bahan kaos untuk yang harus bekerja di luar ruangan yang  memberi kesan casual ketika dikenakan.

Selain pemilihan bahan, pemilihan warna juga tidak kalah penting.  Sebagai marketing sebaiknya hindari pemakaian warna-warna terang, seperti merah. Sebaiknya pemilihan warna-warna yang soft, nude, atau warna-warna gelap seperti hitam atau biru dongker akan memberi kesan elegan pada penampilan kita.

3. Padu Padan dengan Aksesoris untuk Memberi kesan Cantik dan Elegan

Padu padan dengan aksesoris buat tampilan marketing makin OK
Foto : Pinterest.com

Pandai-pandai memadu-padankan outfit anda dengan aksesoris, seperti hand bag warna senada dengan outfit,  scarf, broche, jam tangan atau cincin.  Dari beberapa contoh aksesoris tersebut yang paling disarankan untuk melengkapi penampilan adalah jam tangan serta cincin.  Sebab ketika berhadapan dengan klien seorang marketing akan lebih banyak menggunakan body language seperti menggerakkan tangan ketika presentasi.

Hindari juga memakai aksesoris yang terlalu berlebihan sampai terlihat seperti toko berjalan.

Nah, gak susah kan untuk bisa terlihat kece ?  Selamat bereksperimen dengan outfit yang ada ya.!

Ada yang ingat pepatah jawa yang berbunyi,

Ajining diri saka lathi, ajining rogo saka busana

Jadi hargailah diri anda sendiri dengan menjaga lisan dan pakaian yang anda kenakan.  maka orang lain yang anda temui pun akan menghargai anda.

You may also like...

9 Comments

  1. Bagus sekali blog nya Mbak

    1. admin says:

      Terima kasih Mas Eko

      1. Bagus mba, bs buat referensi ini…thanks y

        1. admin says:

          Alhamdulillah,..
          Semoga bermanfaat

  2. Hehe…saya paling cuek kalo masalah ini mbk

    1. admin says:

      hehehe….
      Saya pun dulu juga sangat cuek dengan penampilan, tapi setelah saya terjun ke dunia marketing sy dituntut bisa tampil perfect di depan klien, jadi belajar dikit demi dikit.

      Mudahan apa yg sy share berguna

  3. Saya suka point 3 padu padan

    1. admin says:

      Sama kaya saya, spy gak terkesan monoton dan gak itu-itu aja

  4. Amel says:

    Saya termasuk yang setuju dengan ‘cara berpenampilan itu adalah bentuk kita menghargai diri kita’. Setuju dengan tulisan mbak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *